Skip to main content

RABU ABU


Pagi ini mungkin Anda melihat orang-orang di sekitar Anda tertera tanda salib dari debu di dahi mereka. Mereka yang tidak tahu, pasti akan bertanya-tanya, "Apa sih itu?? Belum mandi kali yaaa...??"
Rabu Abu dalam tradisi Gereja Katolik adalah permulaan dimulainya masa PraPaskah dengan berpuasa dan berpantang untuk menyiapkan diri saat menyambut kebangkitan Kristus. Apakah perlu kita berpuasa dan berpantang? Nanti kalau jadinya sakit bagaimana? Kalau masuk angin kan repot.
Sebenarnya puasa dan pantang dalam Gereja Katolik itu cukup mudah tapi lumayan menantang juga. Jika di agama lain ada waktunya sahur dan buka puasa, kalau di Katolik tidak main yang begitu-begituan. Aturan PUASA di Katolik: makan sekali kenyang saja. Bukan berarti selama puasa ada makan-makan lain yang tidak begitu kenyang. Itu bukan puasa namanya, tapi makan sekali kenyang diiringi dengan cemilan-cemilan.
Jadi cukup makan sekali saja dalam sehari dan boleh minum air putih, bukan minum kopi, susu atau jus buah ya. Puasa ini wajib ketika RABU ABU dan JUMAT AGUNG. Dan ditengah-tengahnya kita diwajibkan berpantang. 
Aturan PANTANG, berarti TIDAK melakukan apa yang biasa kita gemari. Misalnya pantang jajan, daging, rokok, gosip, ngemil, shopping, atau apapun juga yang kita sukai. Kemudian uang yang seharusnya kita habiskan untuk kesenangan-kesenangan itu kita sumbangkan ke kotak APP (Aksi Puasa Pembangunan) yang uangnya dikumpulkan dan dikelola oleh KEUSKUPAN untuk membantu sesama yang membutuhkan. Kalau uang-uang yang kita sisihkan tersebut kita kumpulkan dan kita tabung itu bukan gerakan PANTANG, itu namanya main arisan. Jadi Pantang pun harus ada buahnya.
Lalu kenapa juga harus ABU yang dioleskan di dahi? Nanti malah kena alis yang baru disulam lagi.. 
Jadi ABU ini untuk mengingatkan kita, bahwa kita ini berasal dari debu dan tanah, Kita bukanlah siapa-siapa macam lagu "Hanya debulah aku, di alas kakiMu Tuhan.." Dengan kata lain simbol ABU mengingatkan bahwa kita ini hanya setetes air di lautan, maka jangan menyombongkan diri, bermegah, apalagi memuliakan diri sendiri. Kesombongan bukanlah gaya kita. Jadi hendaknya rendah hati selalu, tidak mencari nama atau pujian, melainkan selalu kebesaran Tuhan. Kalau para Yesuit bilang Ad Maiorem Dei Gloriam (Demi Kemuliaan Tuhan yang lebih tinggi), bukan Ad Maiorem GUE Gloriam.
Singkat kata, puasa dan pantang itu sebenarnya perlu ga sih? Untuk apa kita mengikuti tradisi kuno yang sudah ketinggalan jaman itu? Puasa dan pantang itu sebenarnya bukan yang terpenting karena itu hanya sarana. Jadi puasa dan pantang itu menjadi tempat latihan kita untuk menempa ROH kita menjadi lebih murni dan kuat, tidak mudah jatuh dalam goda dan dosa. Karena DAGING itu dapat melemahkan ROH kita. Ketika kita bisa menaklukkan kedagingan kita sendiri, ROH kita semakin bertumbuh.
Jadi kalau sedang berpuasa dan berpantang, tapi keluar dari parkiran mobil sudah menekan klakson dan memaki-maki pengemudi lain, itu namanya samjuhong a.k.a sama juga bohong. Jadi ingatlah ketika Anda berpuasa dan berpantang, jadikan ROH anda lebih kuat dengan mengisi hari Anda melalui kebaikan-kebaikan namun tetap Rendah Hati.
Susah? tergantung.. Mudah? Engga juga.. Ya susah-susah gampang 'lah. Hahaha....
Selamat menempa ROH Anda... Caiyoo!!

Y.L. Indra Kurniawan

Comments

Popular posts from this blog

Tel&C

TEL&C TUNAS EXPRESS LOGISTIC & COURIER Hi Guys, Kali ini saya mau memperkenalkan TEL&C, tempat dimana saya bekerja. TEL&C ini merupakan perusahaan yang baru saja berdiri, meski sudah berjalan beberapa tahun namun peresmiannya diadakan tanggal 1 Agustus 2016 kemarin. Perusahaan ini bergerak di bidang jasa logistik, dan jasa yang ditawarkan ada tiga, yakni: 1. Jasa Kurir Jadi bisa menggunakan kiriman motor atau mobil untuk mengantarkan dokumen/paket Anda. Layanan ini dibagi menjadi tiga jenis kiriman: a. Quickly Express (max 3 jam)  b. One Night Service (Satu hari) c. Reguler (2-3 hari) 2. Trucking Untuk pengiriman barang yang menggunakan angkutan darat seperti truk 3. Warehousing Perusahaan ini juga menyewakan jasa penyimpanan barang atau pergudangan bisa untuk per m2 Jadi jika Anda membutuhkan saran dan solusi di bidang jasa logistik, silahkan hubungi kami kapan saja. Anggap aja ini

TUHAN, KEJAHATAN, PENDERITAAN

“Jika Allah itu BAIK, mengapa Ia mengizinkan adanya kejahatan dan penderitaan?” Dalam kitab Ayub dikisahkan bahwa Ayub, seorang saleh yang hidupnya selalu baik ternyata mengalami penderitaan terus-menerus sampai Ayub sendiri merasa  tidak berdaya akan situasi kemalangan yang menimpanya. Ternyata situasi yang  dialami Ayub (mungkin) juga menimpa kehidupan kita dengan cara dan bentuk yang berbeda. Pada kenyataannya di dunia ini terdapat kejahatan dan penderitaan. Lalu inti pertanyaannya adalah: Apa sebabnya Allah mengizinkan adanya kejahatan dan penderitaan dalam dunia? Fakta adanya kejahatan dan penderitaan bertentangan dengan eksistensi Allah yang Mahatahu, Mahakuasa, dan Mahabaik. Jika Allah memang demikian, mengapa Ia membiarkan adanya kejahatan dan penderitaan di dunia? Untuk mengkaji persoalan ini, kita perlu membedakan dua masalah: masalah kejahatan dan masalah keburukan pada umumnya, khususnya penderitaan. KEJAHATAN Kejahatan menyangkut fakta bahwa manusia bisa ber

MENGASAH PISAU DAN GUNTING

Tahukah Anda bahwa mengasah gunting memerlukan teknik khusus? Ya, begitulah yang saya alami dari pengalaman. Jadi Belum lama ini saya baru beli batu asah di pasar. Setelah saya beli, muncullah semangat saya untuk mengasah semua perkakas rumah tangga saya biar lebih tajam baik pisau maupun gunting. Namun setelah sekian lama mengasah, hasilnya ternyata mengecewakan, bukannya tajam malah menjadi tumpul. Sial, sudah buang tenaga, buang barang juga. Gunting yang sudah tumpul tidak dapat anda gunakan lagi, jadi silahkan UCAPKAN Say GoodBye... TEKNIK ASAH PISAU Kalau mengasah pisau, harus satu arah dan kemiringan pisau harus hampir menempel dengan batu asahnya. Tergantung dari tingkat ketumpulannya, kalau misalnya tumpul sekali gosok pisau di permukaan yang kasar dulu, kemudian baru menggunakan bagian yang halus untuk memperhalus bagian yang sudah diasah. Bisa dibantu dengan menggunakan sedikit air atau sabun pencuci piring supaya licin. TEKNIK ASAH GUNTING Beda halnya d